Enter your keyword

Diklat Jabatan Fungsional Perencana Ahli Pertama bersama Pemprov DKI Jakarta

Diklat Jabatan Fungsional Perencana Ahli Pertama bersama Pemprov DKI Jakarta

Diklat Jabatan Fungsional Perencana Ahli Pertama bersama Pemprov DKI Jakarta

Pada hari Jum’at (18 Agustus 2023), telah diadakan penutupan kegiatan pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berlangsung selama tujuh minggu secara daring dari tanggal 3-28 Juli 2023, dan secara luring dari tanggal 31 Juli hingga 18 Agustus 2023 di Ruang Labscan, lantai 5, Gedung Soegianto Soegijoko, Kampus ITB Ganesha. Kegiatan tersebut hasil kerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemprov DKI Jakarta dengan Pusbindiklatren Bappenas dan Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Pelatihan ini merupakan diklat non-gelar yang merupakan rangkaian awal pembinaan jabatan fungsional perencana. Peserta akan dibekali dasar- dasar kemampuan merencana dalam kerangka perencanaan pembangunan dan tata ruang secara komprehensif. Nurrohman Wijaya, Ph.D., selaku ketua tim pengembangan kerjasama pendidikan non-gelar PWK ITB membantu penyelenggaraan pelatihan tersebut yang dibantu oleh anggota tim yang terdiri dari Diaz Ekaputra, S.T., Mirai Annabila Dien Muhammad, S.Arl., dan Martina Fitri Lestari, S.PWK., serta dibantu oleh tenaga pendukung, yaitu Jeane Rantung, S.E., dan Dra. Elyaningsih.

Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut diantaranya terkait konsep dasar perencanaan pembangunan dan tata ruang, mencakup aspek terkait, yaitu fisik, sosial kependudukan, ekonomi, infrastruktur, kelembagaan dan pembiayaan pembangunan, serta muatan profesional. Selain itu, terdapat praktik yang diberikan melalui studio perencanaan, studi kasus, kunjungan lapangan, topik-topik khusus perencanaan, dan keterampilan penunjang. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh para narasumber berupa ceramah, tanya jawab/diskusi, tugas kelompok, dan presentasi kelompok.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya peningkatan kapasitas para peserta mengenai perencanaan pembangunan, perencanaan spasial, dan pembiayaan pembangunan aset perkotaan. Diharapkan peserta dapat memahami proses perencanaan pembangunan dan tata ruang kota, mengidentifikasi persoalan perencanaan pembangunan dna tata ruang kota, dan memahami tata kelola dan kelembagaan perencanana, serta menyusun rekomendasi dan solusi pembangunan dan tata ruang yang inovatif dan berkelanjutan.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.