Enter your keyword

Workshop Optimalisasi Potensi Kerja Sama Berbasis Analisis Pengembangan Infrastruktur Wilayah

Workshop Optimalisasi Potensi Kerja Sama Berbasis Analisis Pengembangan Infrastruktur Wilayah

Workshop Optimalisasi Potensi Kerja Sama Berbasis Analisis Pengembangan Infrastruktur Wilayah

Pada hari Jum’at (22 September 2023), Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan kegiatan Workshop Optimalisasi Potensi Kerja Sama Berbasis Analisis Pengembangan Infrastruktur Wilayah. Kegiatan ini dilakukan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung yang bertujuan untuk memperoleh pengayaan terkait analisis pengembangan infrastruktur wilayah dalam mendukung tugas dan fungsi BPIW.

Pada acara tersebut, Nurrohman Wijaya, Ph.D., hadir sebagai salah satu narasumber dengan memberikan materi tentang analisis spasial dalam pengembangan infrastruktur wilayah. Secara spesifik, beliau menyampaikan mengenai konseptual data dan informasi, pengolahan data spasial, fungsi analisis pada SIG, dan beberapa aplikasi analisis spasial dalam pengembangan infrastruktur. Beliau menyampaikan bahwa sistem informasi spasial dapat dibangun bila beberapa elemen yang terkait daling mendukung dan terintegrasi, diantaranya perangkat keras dan lunak, ketersediaan dan aksesibilitas data geografis, sumber daya manusia yang memahami metode analisis, serta kelembagaan yang solid. Beliau juga mencontohkan beberapa analisis spasial yang terkait dengan tugas dan fungsi BPIW, misalnya analisis spasial terkait sumber daya air, aksesibilitas dan konektivitas infrastruktur transportasi, dan penilaian karakteristik spasial permukiman kumuh.

Secara keseluruhan, paparan yang disampaikan oleh Bapak Nurrohman berjalan dengan baik. Pada akhir kegiatan, partisipan yang hadir secara aktif melakukan diskusi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengetahuan dan masukan dalam upaya penguatan pemahaman sumber daya manusia BPIW mengenai manfaat analisis spasial dalam pengembangan infrastruktur wilayah di Indonesia.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.