Enter your keyword

Penyusunan Panduan Integrasi Adaptasi Perubahan Iklim pada Rencana Tata Ruang bersama JICA dan Kementerian ATR/BPN

Penyusunan Panduan Integrasi Adaptasi Perubahan Iklim pada Rencana Tata Ruang bersama JICA dan Kementerian ATR/BPN

Penyusunan Panduan Integrasi Adaptasi Perubahan Iklim pada Rencana Tata Ruang bersama JICA dan Kementerian ATR/BPN

Pada hari Senin (8 Agustus 2022), Nurrohman Wijaya, Ph.D., bersama tim dari Pusat Perubahan Iklim (PPI), ITB, menghadiri pertemuan terkait integrasi adaptasi perubahan iklim ke dalam rencana tata ruang. Kegiatan tersebut dilakukan secara bauran di ruang rapat Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Jakarta. Pertemuan tersebut merupakan salah satu aktivitas dari kegiatan Studi Komprehensif pada Penyusunan Panduan Integrasi Adaptasi Perubahan Iklim pada Rencana Tata Ruang yang diinisiasi oleh JICA yang bekerjasama dengan PPI ITB. Dalam struktur tim, Bapak Nurrohman memiliki peran sebagai “co-team leader”.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut, khususnya terkait dengan progres studi komprehensif dan opsi regulasi untuk panduan yang akan disusun. Pada kesempatan tersebut, Bapak Nurrohman menjelaskan latar belakang dan tujuan penyusunan pedoman, terutama untuk merevisi dan memperbarui pedoman yang sudah ada sebelumnya. Salah satunya adanya peraturan baru yang terkait dengan penyusunan tata ruang. Selain itu, beliau menguraikan lingkup pekerjaan secara keseluruhan dan usulan lokasi kasus pilot di Provinsi Jawa Barat dan Kota Semarang. Selanjutnya, beliau menyampaikan hasil sementara terkait kajian dokumen RTRW Provinsi Jawa Barat dan RTRW Kota Semarang berkaitan dengan isu dan informasi perubahan iklim. Temuan sementara memperlihatkan bahwa dalam perumusan dokumen rencana tata ruang, kedua lokasi kasus pilot sudah memperhatikan aspek perubahan iklim, namun masih bersifat sekedar gambaran umum dan belum secara teknis terintegrasi dengan substansi rencana.

Pada pertemuan tersebut, para peserta cukup antusias memperhatikan paparan dan memberikan masukan untuk penyempurnaan pedoman. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi dari PPI ITB dalam rangka mengintegrasikan isu perubahan iklim dalam dokumen tata ruang, khususnya dalam bentuk pedoman. Diharapkan pedoman tersebut dapat memberikan input bagi para perencana dalam menyusun dokumen RTR yang memperhatikan aspek perubahan iklim.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.