Enter your keyword

Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan Kemenkes

Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan Kemenkes

Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan Kemenkes

Foto bersama beberapa peserta yang berpartisipasi dalam kuis

Pada tanggal 27-28 Desember 2021, telah diadakan kegiatan workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kegiatan tersebut hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan dan Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Acara dilaksanakan secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan di salah satu ruangan yang berada di Hemangini Hotel, Kota Bandung. Pada kesempatan tersebut, salah satu pengajar dari KK P2PK ITB, Nurrohman Wijaya, Ph.D., diundang sebagai salah satu narasumber.

Beliau menyampaikan materi mengenai urgensi dan manfaatnya SAKIP dalam mengevaluasi keberjalanan kinerja suatu instansi pemerintah. Selain itu, beliau memaparkan secara ringkas komponen yang terdapat dalam sistem akuntabilitas kinerja, yaitu rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, serta kajian dan evaluasi kinerja.

Metode pembelajaran yang dilakukan oleh pemateri adalah berupa ceramah, tanya jawab/diskusi, tugas kelompok, dan kuis. Pada kegiatan tersebut, para peserta sangat aktif bertanya dan berdiskusi terkait hal yang mereka alami dalam implementasi SAKIP, diantaranya berkaitan dengan indikator kinerja, pengukuran kinerja, dan uraian pelaporan. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya peningkatan kapasitas peserta dalam memahami lebih lanjut penerapan SAKIP di institusinya masing-masing.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.