Enter your keyword

Dua Staf Pengajar KK P2PK Ikuti Training of Trainers dari Bappenas

Dua Staf Pengajar KK P2PK Ikuti Training of Trainers dari Bappenas

Dua Staf Pengajar KK P2PK Ikuti Training of Trainers dari Bappenas

Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan kegiatan Training of Trainers (ToT) tentang Pembangunan dan Pengelolaan Perkotaan Berkelanjutan secara virtual. Pelatihan yang dilaksanakan selama delapan hari sejak tanggal 13 hingga 23 Desember 2021 tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman calon pelatih mengenai pembangunan dan pengelolaan perkotaan berkelanjutan, serta peningkatan kapasitas fasilitasi yang dimiliki calon pelatih untuk menyampaikan pesan-pesan kunci pembangunan dan pengelolaan perkotaan berkelanjutan secara efektif menggunakan pendekatan partisipatif dan inovatif. Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut, diantaranya yaitu teknik melatih, teori perkotaan, konsep dan agenda pembangunan perkotaan berkelanjutan, integrasi perencanaan spasial dan aspasial, tata kelola perkotaan yang inovatif dan inklusif, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan perkotaan.

Pada kesempatan tersebut, terdapat dua staff pengajar dari KK P2PK yang berpartisipasi sebagai peserta, yaitu Nurrohman Wijaya, Ph.D dan Alhilal Furqan, Ph.D. Total terdapat 15 peserta dari berbagai institusi dan latar belakang, misalnya akademisi dari institusi pendidikan, praktisi, perencana dari organisasi independen atau non-pemerintah. Selain pemberian materi dari para narasumber, juga terdapat kegiatan kunjungan lokasi pengamatan secara virtual, dan talkshow dengan beberapa aktor pembangunan daerah terkait praktik terbaik dalam pengelolaan pembangunan perkotaan di Kota Surakarta, Kota Makassar, dan Kota Balikpapan.

Foto bersama sebagian peserta ToT Bappenas.
Foto bersama sebagian peserta ToT Bappenas.

Para peserta cukup aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, salah satunya dari kegiatan diskusi dengan para narasumber. Selain itu, peserta diwajibkan mengerjakan kuis, pre-test, post-test dan tugas akhir ToT berupa rancangan desain pelatihan dan satuan acara pelatihan. Pada akhir acara, diumumkan peserta terbaik oleh panitia dan salah satunya adalah Nurrohman W., Ph.D. Kegiatan ini diharapkan memberikan pengayaan dan gambaran nyata bagi para peserta sebagai calon pelatih bagaimana melakukan pelatihan yang efektif dan baik terkait pengelolaan perkotaan berkelanjutan.

Nurrohman Wijaya Ph.D terpilih sebagai salah satu peserta ToT terbaik.
Nurrohman Wijaya Ph.D terpilih sebagai salah satu peserta ToT terbaik.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.