Enter your keyword

Tiga Pelatihan terkait Perencanaan Program bersama Kemenkes RI dan MPWK ITB

Tiga Pelatihan terkait Perencanaan Program bersama Kemenkes RI dan MPWK ITB

Tiga Pelatihan terkait Perencanaan Program bersama Kemenkes RI dan MPWK ITB

Pada tanggal 21-23 Desember 2022, telah diadakan kegiatan pelatihan Perencanaan dan Anggaran, Perencanaan Kebijakan dan Program, serta Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan tersebut hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI dengan Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Acara dilaksanakan secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan di salah satu ruangan yang berada di Favehotel Hyper Square, Kota Bandung. Nurrohman Wijaya, Ph.D., selaku ketua tim pengembangan kerjasama pendidikan non-gelar PWK ITB membantu penyelenggaraan pelatihan tersebut dan dibantu oleh anggota tim yang terdiri dari Diaz Ekaputra, S.T., Mirai Annabila Dien Muhammad, S.Arl., dan Martina Fitri Lestari, S.PWK., serta dibantu oleh tenaga pendukung, yaitu Jeane Rantung, S.E., dan Dra. Elyaningsih.

Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut diantaranya terkait konsep dasar perencanaan dan anggaran, siklus penganggaran, model-model penganggaran, budget forecasting, dan participatory budgeting. Selain itu, disampaikan topik materi berkaitan dengan konsep dasar monitorng dan evaluasi, teknik monitorng dan evaluasi, pengelolaan data menggunakan pivot table dan analisis Analytical Hierarchy Process (AHP).

Metode pembelajaran yang dilakukan oleh para narasumber berupa ceramah, tanya jawab/diskusi, tugas kelompok, dan presentasi kelompok. Pada kegiatan tersebut, para peserta sangat aktif bertanya dan berdiskusi terkait hal perencanaan dan penganggaran, termasuk pengelolaan data dan evaluasinya, umumnya pada bidang kesehatan dan secara spesifik terkait kebijakan dan program pencegahan dan pengendalian penyakit. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya peningkatan kapasitas para peserta mengenai perencanaan, penganggaran, dan monev di institusinya masing-masing.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.