Enter your keyword

Ekskursi Mahasiswa PWK Cirebon ke Kebun Raya Kuningan dan Desa Wisata Cibuntu

Ekskursi Mahasiswa PWK Cirebon ke Kebun Raya Kuningan dan Desa Wisata Cibuntu

Ekskursi Mahasiswa PWK Cirebon ke Kebun Raya Kuningan dan Desa Wisata Cibuntu

Pada hari Jum’at (18 November 2022), ekskursi lapangan telah dilaksanakan untuk mendukung perkuliahan program studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITB Cirebon, khususnya mata kuliah Lingkungan dan Sumber Daya Alam, serta Pengantar Data Spasial. Ada dua lokasi yang dituju, yaitu Kebun Raya Kuningan dan Desa Wisata Cibuntu yang terdapat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kedua lokasi tersebut berada di kaki Gunung Ciremai. Beberapa dosen, termasuk Nurrohman Wijaya, Ph.D. yang juga selaku koordinator program studi sarjana PWK kelas Cirebon, beserta 34 mahasiswa ikut berpartisipasi pada kegiatan ekskursi tersebut.

Perjalanan bermula dari Kampus ITB Cirebon yang berada di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Rombongan berangkat pagi hari menggunakan empat kendaraan minibus. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kebun Raya Kuningan, yang merupakan lahan bekas perkebunan swasta dan saat ini dimanfaatkan sebagai kawasan yang berfungsi sebagai fungsi ekologis, sosial dan budaya, diantaranya perlindungan plasma nutfah dan keanekaragaman hayati, serta sarana penelitian, pendidikan dan rekreasi. Di salah satu aula pertemuan, rombongan memperoleh kuliah tamu dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan dan pihak pengelola Kebun Raya Kuningan. Kemudian, kami diajak berkeliling dan melakukan observasi di sekitar kawasan, diantaranya kebun anggrek, taman-taman, dan situ. Selanjutnya, kami menuju Desa Wisata Cibuntu. Di balai desa, kami memperoleh penjelasan terkait sejarah, tantangan, dan capaian yang telah dihasilkan, baik tingkat nasional maupun internasional, dari Kepala Desa (Kuwu) dan ketua pokdarwis. Setelahnya, kami melakukan observasi di sekitar kawasan.

Selama kegiatan ekskursi berlangsung, mahasiswa cukup antusias menyimak dan aktif bertanya pada para narasumber. Kegiatan ekskursi ini diharapkan sebagai salah satu bentuk upaya untuk memperkaya pemahaman dan pengetahuan mahasiswa secara langsung di lapangan berdasarkan materi yang telah mereka terima di kelas.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.