Enter your keyword

Dosen ITB menjadi Narasumber Workshop untuk Penyusunan Dokumen RPIW Pulau Papua

Dosen ITB menjadi Narasumber Workshop untuk Penyusunan Dokumen RPIW Pulau Papua

Dosen ITB menjadi Narasumber Workshop untuk Penyusunan Dokumen RPIW Pulau Papua

Pada hari Kamis (13 Oktober 2022), Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III, Badan Pegembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengadakan kegiatan Workshop mengenai Perumusan Skenario, Analisis Kebutuhan Infrastruktur, dan Renaksi Pembangunan

Infrastruktur di Wilayah III – RPIW. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid, baik daring menggunakan platform zoom meeting maupun luring di Episode Hotel Gading Serpong, bertujuan untuk menajamkan draft dokumen RPIW Pulau Papua yang saat ini sedang disusun.

Pada acara tersebut, Nurrohman Wijaya, Ph.D., hadir sebagai salah satu narasumber dengan menyajikan paparan terkait analisa rencana pengembangan wilayah dan pembangunan infrastruktur di Pulau Papua. Adapun sub-materi yang dibahas beliau meliputi isu pengembangan wilayah dan pembangunan infrastruktur, khususnya di Pulau Papua, serta menjelaskan beberapa indikator pembangunan infrastruktur. Beliau menjelaskan bahwa pendekatan pengembangan wilayah sudah bergeser dari pengalokasian sumber daya menjadi peningkatan kompetitif setiap daerah. Sehingga, pembangunan wilayah perlu memperhatikan strategi pengembangan yang tepat dan fokus pada aset yang dimiliki, serta melihat peluang sumber daya yang bisa dimanfaatkan, juga termasuk pentingnya hubungan jejaring pemerintahan antar seluruh pemangku kepentingan. Di sisi lain, ketersediaan infrastruktur menjadi salah satu faktor yang memberikan kontribusi sgnifikan terhadpa pembangunan ekonomi suatu wilayah. Hal ini yang perlu dilihat pada konteks Pulau Papua.

Para peserta sangat antusias menyimak dan bertanya terkait materi yang disampaikan oleh narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan suatu perspektif lain bagi peserta terkait kaitan antara pengembangan wilayah dan pembangunan infrastruktur, serta melihat penilaian kinerjanya berdasarkan indikator pembangunan infrastrukturnya.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.