Enter your keyword

Summer Camp 2020 “Creative Materiality and Culture”

Summer Camp ITB 2020

Kegiatan Summer Camp merupakan kegiatan kolaboratif antar mahasiswa multidisiplin pada masa liburan perkuliahan untuk mengujicobakan pengetahuan kampus pada masalah nyata di masyarakat. Kegiatan ini akan berlangsung 2 minggu, dengan serangkaian kegiatan workshop, seri perkuliahan publik (public lecture series), ekskursi, design charette, presentasi, dan diseminasi dari hasil kegiatan itu kepada publik.

Untuk tahun 2020, Program Studi Arsitektur ITB akan melaksanakan kegiatan Summer Camp pada tanggal 4-14 Agustus 2020, dengan tema “Budaya Kreatif dan Materialitas (Creative Culture and Materiality).” Kegiatan ini akan diselenggarakan di kawasan Cirebon dan sekitarnya, yang disebut kawasan “Rebana”. Kawasan ini sedang berkembang sebagai simpul pertumbuhan ekonomi yang baru di Jawa Barat terutama setelah pembangunan Jalan Tol Cipali, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan nantinya Pelabuhan Patimban di Subang dan Jalan Tol Cisumdawu. Dunia kampus bisa turut berperan serta dalam pertumbuhan kawasan ini termasuk dalam pengembangan potensi lokal.

Sebagai kawasan yang mempunyai sejarah yang kuat, masyarakat Cirebon dan sekitarnya dikenal dengan warisan budayanya, terutama kriya. Kegiatan Summer Camp ITB 2020 akan memilih 3 lokasi dengan potensi kriya dengan karekter materialitas yang kuat, yaitu Jatiwangi (material genteng), Sitiwinangun (material tembikar), dan Bukit Bambu (material bambu). Serangkaian kegiatan Summer Camp akan menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk berkolaborasi dengan pengrajin dan warga setempat dan pihak-pihak lain yang terkait untuk melakukan kajian dan membuat perencanaan dan perancangan kawasan dan fasilitas dan usulan-usulan  program kegiatan di dalamnya terutama bagaimana budaya kreatif bisa menjadi modal untuk mengembangkan inovasi berbasis potensi setempat.