Enter your keyword

PROFIL PROGRAM STUDI

Program Studi Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota

Informasi Umum

Kebutuhan untuk merencana dalam pembangunan di wilayah dan kota semakin menuntut kemampuan untuk merefleksikan praktek perencanaan yang ada ke dalam pemikiran konseptual ataupun mendalami makna keilmuan dari proses atau konsep perencanaan pada ruang wilayah dan kota. Pengalaman kritis, pemikiran inovatif dan kemampuan kreatif menjadi ciri utama dalam mendorong proses penciptaan keilmuan dan pengetahuan baru dalam bidang PWK. Program Studi Doktor PWK membuka kesempatan bagi peserta untuk terlibat dalam pendalaman keilmuan dan pengetahuan yang akan menggiring perencanaan wilayah dan kota pada pembaruan dan penguatan konsep perencanaan. Mengacu pada konsep, teori dan ideologi perencanaan keruangan dan pembangunan pada lingkup wilayah dan kota, program ini membangun ciri multi disiplin, multi sektor dan multi fungsi sehingga aktivitas reflektif merencana wilayah dan kota tidak semata mata terbatas pada metode merencana dan aplikasi konsep merencana, tetapi juga persoalan aplikasi proses sosial-politis di berbagai tingkatan rencana (lokal, nasional, dan global). Derajat integrasi dan kemampuan berpikir menyeluruh menjadi kekuatan peserta yang diharapkan akan menjadi kulminasi dalam pembelajaran di bidang PWK ini.

Lulusan Doktoral PWK ITB diharapkan akan menguasai disiplin Perencanaan Wilayah dan Kota, mampu mereproduksi pengetahuan dalam disiplin perencanaan wilayah dan kota melalui penelitian secara mandiri, dan dapat mengkomunikasikan serta mendiseminasikan hasilnya kepada khalayak akademis maupun non akademis.

 

Spesialisasi

Program Studi Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota memberi kesempatan pada peserta untuk mendalami bidang yang terspesialisasi menurut Kelompok Keahlian (Research Group) seperti Perencanaan Wilayah dan Perdesaan, Perencanaan dan Perancangan Kota, Perencanaan Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota, dan Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan. Untuk mendalami spesialisasi ini, peserta program sangat didorong untuk melakukan studi paruh waktu (sandwich) ke luar negeri. Untuk memfasilitasi studi paruh waktu tersebut, saat ini program ini bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi berkelas dunia di luar negeri termasuk di Amerika Serikat (Massachuset Institute of Technology, University of California at Berkeley, University of Florida, University of Hawaii at Manoa), Australia (the University of Melbourne, the University of Sydney), Belanda (University of Groningen, University of Twente), Jepang (Kyoto University, Hiroshima University), Belgia (KU Leuven), dan lain-lain.

 

Akreditasi

Akreditasi A Nasional (BAN-PT).

 

Tujuan Pendidikan
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan penelitian secara mandiri, beretika dan professional dalam bidang perencanaan wilayah dan kota.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan karya ilmiah yang mencerminkan keahlian khususnya, sekaligus memberikan sumbangan orisinil kepada bidang perencanaan wilayah dan kota.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengalihkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat ilmiah maupun umum melalui berbagai sarana.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan meningkatkan karirnya, terutama terkait dengan bidang penelitian dan pendidikan.

 

Capaian (Outcomes) Lulusan
  1. Menjelaskan esensi perencanaan wilayah dan kota, baik yang bersifat substantif maupun prosedural.
  2. Memahami metodologi penelitian pada tingkat lanjut dan menerapkannya secara profesional dalam penelitian yang menyangkut perencanaan wilayah dan kota.
  3. Menjelaskan pengetahuan spesifik yang terkait dengan perencanaan wilayah dan kota.
  4. Menghasilkan dan mengkomunikasikan karya maupun pemikiran ilmiah secara tertulis maupun lisan.
  5. Mengalihkan pengetahuannya, terutama bagi kalangan akademik.
Event dan Kerjasama
  1. The 5th PLANO-COSMO International Conference 2020
  2. A Collaborative Studio between SAPPD ITB, The University of Melbourne and University of Stuttgart : Re-Inventing Cikapundung River 2019
  3. International Summer Camp 2019
  4. The 4th PLANO-COSMO International Conference 2018
  5. International Urban Development Planning 2015 (Joint Studio SAPPK ITB – University of Melbourne)
  6. The 3rd PLANO-COSMO International Conference 2015
Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021/2022
Tanggal Penting

Terdapat 6 gelombang pendaftaran :

  • Gelombang 1 : 2 – 27 Februari 2021
  • Gelombang 2 : 2 – 27 Maret 2021
  • Gelombang 3 : 30 Maret -24 April 2021
  • Gelombang 4 : 27 April – 22 Mei 2021
  • Gelombang 5 : 25 Mei – 19 Juni 2021
  • Gelombang 6 : 22 Juni – 10 Juli 2021

 

Persyaratan

Program ini terbuka untuk umum. Peminat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan magister atau S2 dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta di dalam atau luar negeri, sesuai dengan ketentuan Pemerintah yang berlaku;
  2. Bidang pendidikan berkaitan dengan Perencanaan Wilayah dan Kota. Bidang lainnya yang tidak berkaitan dengan Perencanaan Wilayah dan Kota dapat diberikan pertimbangan khusus sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata rata minimum 3,25 dari skala 4
  4. Menunjukkan nilai kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL iBT minimum 56, TOEFL ITP minimum 475, TOEIC minimum 500, IELTS minimum 5, atau ELPT ITB minimum 77) dan TPA Bappenas minimum 475. Catatan: Khusus tahun 2021, persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris dan persyaratan TPA Bappenas tidak digunakan sebagai persyaratan seleksi mahasiswa baru dan dapat dipenuhi oleh mahasiswa sebelum lulus dari program Pascasarjana ITB.
  5. Melengkapi persyaratan administratif dan mengikuti proses seleksi program.
Biaya Pendidikan

Biaya program ditentukan setiap tahun, sehingga ada kemungkinan berubah. Biaya untuk Program Doktor adalah Rp 15.000.000,- per semester.

Beasiswa
  • Ganesha Talent Assistantship (GTA)
  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
  • PPN/Bappenas
  • BUDI DN
  • BPPDN
  • PMDSU
  • PASTI
  • PKPI
  • Kemenag
  • Beasiswa Kerja Sama Pendidikan dengan Peserta dari Insitutsi Mitra (ESDM, Batan, Lapan, BPPT, BPOM, BIG, BP Batam, Kemenkes, Kemenristek, Kemenperin, Kemhan, dan Kemenag)
Informasi Lebih Lanjut

http://admission.itb.ac.id
http://www.sps.itb.ac.id/