
IDENTITAS DIRI | |
Nama Lengkap | : Lusia Marliana Nurani |
Jabatan Fungsional | : Lektor |
Jabatan Struktural Saat Ini | : Kepala UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia ITB |
Jabatan Lain | : Pembina American Corner ITB |
Jabatan Struktural Sebelumnya | : 1. Wakil Kepala UPT Perpustakaan ITB (2016- 2019) 2. Manajer Akademik UPT Pusat Bahasa ITB (2008-2009) |
Instansi Pangkalan | : Institut Teknologi Bandung |
Alamat Instansi | : Jl. Ganesa No. 10, Bandung 40132 |
Kelompok Keahlian/Fakultas | : KK Literasi, Media, dan Budaya/FSRD |
Alamat Surel Aktif | : lusia.nurani@itb.ac.id |
PENDIDIKAN | |||
Tingkat | Instansi Pendidikan Tinggi | Bidang Studi | Sumber Dana |
S3-2015 | Arizona State University | Linguistik Terapan | Fulbright (Tahun ke 1-3) (2) Doctoral Fellowship-Arizona State University (Tahun ke 4-5) |
S2-2006 | University of Melbourne | Linguistik Terapan | Australian Development Scholarship |
S1-1999 | Universitas Gadjah Mada | Bahasa dan Sastra Prancis | Pribadi |
TUGAS AKHIR | |||
Tingkat | Jenis | Judul | Pembimbing |
S3 | Disertasi | Changing language loyalty and identity: An ethnographic inquiry of societal transformation among the Javanesepeople in Yogyakarta, Indonesia | Prof. Teresa McCarty (2) Dr. Mary-Eunice Romero Little |
S2 | Tesis | Investigating Effect of Situation Enhancement in the Discourse Completion Test: A Case Study of English Request Act between Indonesian andAustralian English Native Speakers | Dr. Barbara Kelly |
S1 | Skripsi | Kecenderungan Penghindaran BentukPasif dalam Bahasa Prancis | Dr. Suryo Baskoro |
PENGALAMAN MENGAJAR DALAM 5 TAHUN TERAKHIR* *)Baru mulai aktif mengajar kembali Januari 2016 karena baru selesai studi lanjut Desember 2015 | ||
Tahun | Nama Mata Kuliah | Jenjang |
2015/2016 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2016/2017 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2016/2017 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2017/2018 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2017/2018 | Français pour Les Débutants: Niveau A1-1(Bahasa Prancis untuk Pemula: Level A1-1) | S1 (Non-TPB) |
2017/2018 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2017/2018 | Français pour Les Débutants: Niveau A1-1 (Bahasa Prancis untuk Pemula: Level A1-1) | S1 (Non-TPB) |
2018/2019 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2018/2019 | Français pour Les Débutants: Niveau A1-1 (Bahasa Prancis untuk Pemula: Level A1-1) | S1 (Non-TPB) |
2018/2019 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2018/2019 | Français pour Les Débutants: Niveau A1-1 (Bahasa Prancis untuk Pemula: Level A1-1) | S1 (Non-TPB) |
2018/2019 | Research Design Management | S2 SBM ITB (Master of Science Management) |
2019/2020 | Critical Reading for Undergraduate Students | S1 (TPB) |
2019/2020 | Français pour Les Débutants: Niveau A1-1 (Bahasa Prancis untuk Pemula: Level A1-1) | S1 (Non-TPB) |
PENGALAMAN MENGAJAR NON-SKS DALAM 5 TAHUN TERAKHIR* *) Baru mulai aktif mengajar kembali Januari 2016 karena baru selesai studi lanjut Desember 2015 | |||
Tahun Akademik | Nama Kelas | Peserta | Unit |
2015 | -Grammar-Academic Writing and Reading | Mahasiswa Internasional di Arizona State University, USA | Global Launch, Arizona State University, USA |
2015/2016 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2015/2016 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Bappenas | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Talent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat BahasaITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Reading | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Bappenas | Pusat Bahasa ITB |
2016/2017 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima BeasiswaTalent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | IELTS Preparation: Academic Reading | Penerima BeasiswaTalent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | Journal Writing | Umum | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | Français pour LesDébutants: Niveau A1 | Umum | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Bappenas | Pusat Bahasa ITB |
2017/2018 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Talent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | Journal Writing | Umum | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | Français pour LesDébutants: Niveau A1 | Umum | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Talent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | IELTS Preparation:Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa Bappenas | Pusat Bahasa ITB |
2018/2019 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima Beasiswa LPDP | Pusat Bahasa ITB |
2019/2020 | IELTS Preparation: Academic Writing | Penerima BeasiswaTalent Scout-DIKTI | Pusat Bahasa ITB |
PENGALAMAN KERJA LAIN DALAM 5 TAHUN TERAKHIR* *) Baru mulai aktif mengajar kembali Januari 2016 karena baru selesai studi lanjut Desember 2015 | ||||
Tahun Akademik | Posisi | Unit | Instansi | |
2015 | Asisten Editor | International Multilingual Research Journal (IMRJ) | Taylor & Francis | |
2015 | Graduate Writing Consultant | Graduate WritingCenter | Arizona State University |
PENGALAMAN MEMBERIKAN KEYNOTE SPEECH, KULIAH UMUM, DANWORKSHOP DALAM 5 TAHUN TERAKHIR* *) Baru mulai aktif mengajar kembali di ITB Januari 2016 karena baru selesai studi lanjut Desember 2015 | |||
TahunAkademik | Nama Kegiatan | Instansi | Peserta |
2015/2016 | A Half-Day Workshop: Academic Integrity and Strategies to Avoid Plagiarism through Academic Writing | SBM-ITB | Mahasiswa S2 & S3 (MBA, MSM, DSM) |
2016/2017 | A Half-Day Workshop: Academic Integrity and Strategies to Avoid Plagiarism through Academic Writing | SBM-ITB | Mahasiswa S2 & S3 (MBA, MSM, DSM) |
2016/2017 | A Half-Day Workshop: How to Turn Your Thesis into Journal Article | SBM-ITB | Mahasiswa S2 (MBA danMSM) |
2016/2017 | A Half-Day Workshop: Developing Your Hypothesis andLiterature Review | SBM-ITB | Mahasiswa S2 dan S3 (MSMdan DSM) |
2016/2017 | A Keynote Speech: Values in Language Education | Universitas Kristen Satya Wacana | Mahasiswa S1 Pendidikan BahasaInggris |
2016/2017 | A Half-Day Workshop: Academic Integrity and Strategies to Avoid Plagiarism through AcademicWriting | SBM-ITB | Mahasiswa S2 dan S3 (MBA, MSM, DSM) |
2017/2018 | A Half-Day Workshop: Academic Integrity and Strategies to Avoid Plagiarism through AcademicWriting | SBM-ITB | Mahasiswa S2 dan S3 (MBA, MSM, DSM) |
2017/2018 | A Keynote Speech: Ethnographic Research Method for Language Education Researches | Konferensi Internasional Kerjasama UPT Bahasa ITB, Leeds University, dan British Council | Mahasiswa, Dosen, Pembuat Kebijakan Pendidikan,dan Umum |
2018/2019 | A General Lecture for Graduate Students: Strategies to Write Thesis and Dissertation Effectively | SBM-ITB | Mahasiswa Baru S2 danS3 ( MSM & DSM) |
2018/2019 | A Two-Day Workshop on Writing for Thesis’ & Dissertation’s Introduction and LiteratureReview | SBM-ITB | Mahasiswa S2 dan S3 ( MSM & DSM) |
2018/2019 | A One-Day Workshop on Writing for Dissertation’s Introduction and Literature Review | SBM-ITB(Kelas Jauh Jakarta) | Mahasiswa S3 (DSM) |
2018/2019 | A Keynote Speech: “The Development of Language Policy and Planning in Indonesia” | UPT Bahasa ITB Bekerja Sama dengan Asosiasi Pengajar BIPA | Mahasiswa, Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk PenuturAsing), Dosen |
2018/2019 | A Public Lecture:Linguistic Ethnography: Theory and Method | Universitas Brawijaya | Mahasiswa S2 ProgramLinguistik dan Umum |
2018/2019 | A Half-Day Workshop: Extensive Reading | Regional English Language Office (RELO)-USEmbassy & American CornerITB | Mahasiswa, Guru, Dosen |
2018/2019 | A One-Day Workshop: How to Write a Potentially PublishablePaper | SBM-ITB(Kelas JauhJakarta) | Mahasiswa S3 (DSM) |
2018/2019 | A Half-Day Workshop: Introduction to Journal Publication | SBM-ITB(Kelas Jauh Jakarta) | Mahasiswa S2 (MSM) |
2019/2020 | A General Lecture for New Graduate: Academic Skills Needed for Graduate Students | SBM-ITB | Mahasiswa Baru S2 dan S3 (MSM &DSM) |
2019/2020 | A Half-Day Workshop: Academic Integrity and Strategies to Avoid Plagiarism through AcademicWriting | SBM-ITB | Mahasiswa S2 (MBA) |
PENGALAMAN PENELITIAN DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |||
Tahun | Judul | Sumber Dana | Keterangan |
2015 | Changing language loyalty and identity: An ethnographic inquiry of societal transformation among the Javanese people University in Yogyakarta, | Arizona StateUniversity (NamaHibah: “Spring Completion Fellowship”) | Penelitian untuk disertasi ketika masih menjadi mahasiswa Program Doktor di Arizona StateUniversity |
2015 | The Islamisation of Pre-University Public Education: The Case of Yogyakarta, Indonesia | Arizona State University (Nama Hibah: “JumpStart Research Grant for Graduate Students”tahun 2014) | Penelitian ketika masih menjadi mahasiswa Program Doktordi Arizona StateUniversity |
PENGALAMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |||
Tahun | Peran/Kegiatan | Sumber Dana | Keterangan |
2019-sekarang | Reviewer untuk SAGA: Journal of English Language Teaching andApplied Linguistics | Universitas Kristen Duta Wacana | Jurnal yang Baru Saja Dilahirkan di Bulan Oktober 2019 |
2017-Sekarang | Advisor untuk American Corner ITB | US Embassy | Capaian yang berhasil diraih: 1. Kegiatan “Women Empowerment Series selama mid 2017-mid 20182. Kegiatan “World Ozone Day” pada tahun 2017 Kegiatan “Building aSustainable Society |
Series” sejak awal 2019hingga akhir 2019 | |||
2015-sekarang | Reviewer untuk Jurnal International Language Education in Asia Journal (LEiA) | International Development Program-Australia | Jurnal internasional yang diterbitkan oleh CAMTESOL Kamboja |
2014-2015 | Anggota Senat Mahasiswa Pasca Sarjana Arizona State University | Arizona State University | Kegiatan yang dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa Program Doktor Arizona State University |
2014 | Reviewer untuk Hibah Penelitian Bagi Mahasiswa Pasca Sarjana dan Program Profesional | Arizona State University | Kegiatan yang dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa Program Doktor Arizona State University |
2014 | Reviewer untuk Bantuan Perjalanan Konferensi Bagi Mahasiswa Pasca Sarjana dan Program Profesional | Arizona State University | Kegiatan yang dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa Program Doktor Arizona State University |
PENGALAMAN KEPANITIAAN DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |||
Tahun | Jabatan | Nama Kegiatan | Keterangan |
2018-Sekarang | Sekretaris | 100 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia | Kegiatan Menyambut 100Tahun ITB |
2018 | Sekretaris | Tim Evaluasi Capaian Institut Teknologi Bandung 2015-2018 | Evaluasi capaian ITB 2015-2018 untuk evaluasi Renip ITB 2006-2025 |
2018 | Reviewer | The 12th Bandung International Conference on Language Education | Me-review abstract yang masuk dan menyunting prosiding Konferensi. Internasional Kerja sama antara UPT Pusat Bahasa ITB, Leeds University, dan British Council |
2016 | Ketua Pelaksana | The 11th Bandung International Conference on Language Education | Konferensi Internasional Kerjasama antara UPT Pusat Bahasa ITB, Leeds University, dan British Council |
PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |
No. | Karya |
1. | Nurani, L.M. (2016). Peeling back the external layer of the onion: Indonesian language planning and policy at the macro level and its impacts toward Javanese language. Proceeding. International Congress Indonesian Linguistics Society. Denpasar, Indonesia: Indonesian Linguistics Society |
2. | Nurani, L.M. (2015). Changing language loyalty and identity: An ethnographic inquiry of societal transformation among the Javanese people in Yogyakarta, Indonesia. (Doctoral Dissertation). Published in Arizona State University Online Repository. https://repository.asu.edu/attachments/162119/content/Nurani_asu_0010E_15406.pdf |
3. | Nurani, L. M. (2015). Schooling and identity: American Muslim’s attitude toward Islamic schooling. Jurnal Sosioteknologi. 13/3, pp. 179-192.http://journal.fsrd.itb.ac.id/jurnal-desain/pdf_dir/issue_3_13_3_2.pdf |
4. | Nurani, L.M. & Lagunas, R. (2015). Education and language policy toward justice for the Indigenous People: Critical ethnography of language policy and planning inquiries in Indonesia and Mexico. Online Repository of American Educational Research Association. http://www.aera.net/Publications/Online-Paper-Repository/Owner/931292 |
5. | Nurani, L. M. (2014). Redefining the Javanese Identity in the Midst of Societal Transformation. Proceeding Seminar, 12th Annual International Conference on Arts and Humanities. Honolulu, Hawaii. http://www.hichumanities.org/AH2014.pdf |
PEMAKALAH SEMINAR ILMIAH DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |
Tahun | Karya |
2016 | Peeling back the external layer of the onion: Indonesian language planning and policy at the macro level and its impacts toward Javanese language. Presented in International Congress Indonesian Linguistics Society, held by IndonesianLinguistics Society. 24-27 August. Denpasar, Bali, Indonesia. Presenter. |
2016 | Javanese Language Education: A View from Two Schools in Yogyakarta, Indonesia. Presented in a colloquium entitled “What Counts as Multilingualism in Education?: Language Ideologies in Mother Tongue Based-MultilingualEducation Policies and Practice,” American Association for Applied Linguistics Conference. April 8th-12th. Orlando, Florida, USA. Presenter. |
2016 | Language Planning and Policy to Maintain National Identity in Indonesia. It will be presented in Language, Power and Identity in Asia: Creating and Crossing Language Boundaries” Conference, held by International Institute for AsianStudies. March 14th-16th. Leiden, Netherlands. Presenter. |
2015 | Education and Language Policy toward Justice for the Indigenous People: Critical Ethnography of Language Policy and Planning Inquiries in Indonesia and Mexico. Presented in a symposium organized by Prof. Teresa McCarty “Beyond Resource or Right: Critical Heritage Language Education and Social Justice.” American Educational Research Association Annual Meeting, April16th-20th. Chicago, Illinois, USA. Co-presenting with Lagunas, R. |
2015 | The Islamisation of Pre-University Public Education: The Case of Yogyakarta, Indonesia. East-West Center International Graduate Student Conference in University of Hawaii at Manoa. February 12th-14th. Honolulu, Hawaii, USA.Presenter. |
2015 | Changing language loyalty, identity, and societal transformation: An ethnographicinquiry of the Javanese people in Yogyakarta, Indonesia. Ethnography andQualitative Research Conference. February 9th-10th. Las Vegas, Nevada,USA. Presenter. |
2014 | Javanese Language Maintenance between the Homeland and Diaspora in the Homogenizing Time. TESOL Symposium. February 14th. Arizona StateUniversity, Tempe, Arizona, USA. Co-Presenting with Putra, K. A. |
2014 | Redefining the Javanese Identity in the Midst of Societal Transformation. 12th Annual International Conference on Arts and Humanities. January 9th-13th,2014. Honolulu, Hawaii, USA. Presenter. |
KARYA BUKU DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |
Judul | No. ISBN |
Nurani, L.M. (2019). Everyday English for librarians. Bandung, Indonesia: ITB Press. | 978-623-7165-67-5 |
Nurani, L.M. (2019). Memilih pisau etnografi kritis untuk memahami relasi bahasa dan identitas dalam K. Pertiwi & H. Yulindrasari (Eds.), Geliat kritis dalam penelitian sosial: Catatan para peneliti (hal. 79-91). Jakarta, Indonesia: Yayasan PustakaObor Indonesia. | 978-602-433-775-9 |
PENGALAMAN MERUMUSKAN KEBIJAKAN PUBLIK/REKAYASA SOSIAL LAINNYA DALAM 10 TAHUN TERAKHIR | |
Tahun | Kebijakan |
2017 | Peraturan Akademik Institut Teknologi Bandung |
2016 | Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Bandung mengenai “Serah Simpan KaryaIlmiah Sivitas Akademika ITB” |
PENGHARGAAN, GRANT, & BEASISWA DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | ||
Tahun | Nama Penghargaan/Grant | Keterangan |
2019 | Penghargaan 10 Tahun Mengabdi (SatyalancanaKarya Satya) | Penghargaan dari Pemerintah RI |
2015 | Spring Completion Fellowship | Penghargaan berupa beasiswa untuk penyelesaian disertasi dari Sekolah Pasca Sarjana, Arizona StateUniversity |
2015 | Doctoral Fellowship | Penghargaan berupa beasiswa untuk penyelesaian studi Program Doktor, dari Jurusan Bahasa Inggris,Arizona State University |
2015 | Group Travel Grant | Penghargaan berupa dana bantuan untukperjalanan konferensi bagi kelompok. Digunakan untuk perjalanan ke American Educational Research Association. Chicago, Illinois. April 16th-19th, 2015. Dana diperoleh dari Graduate and Professional Student Association (GPSA), Arizona StateUniversity. |
2015 | Travel Grant | Penghargaan berupa dana bantuan untuk perjalanan konferensi individu. Digunakan untuk perjalanan ke East-West Center International Graduate Student Conference in University of Hawaii at Manoa, Hawaii, February 12th-14th, 2015.Dana diperoleh dari GPSA, Arizona State University. |
2015 | Travel Grant | Penghargaan berupa dana bantuan untuk perjalanan konferensi individu. Digunakan untuk perjalanan ke Ethnography and Qualitative Research Conference (EQRC). Las Vegas, Nevada. February 9-10, 2015.Dana diperoleh dari Jurusan Bahasa Inggris, Arizona State University. |
2014 | Travel Grant | Penghargaan berupa dana bantuan untuk perjalanan konferensi individu. Digunakan untuk perjalanan ke International Conference on Arts and Humanities in Honolulu, Hawaii, January 9th-13th, 2014.Dana diperoleh dari GPSA, Arizona State University. |
2014 | JumpStart Research Grant | Penghargaan berupa dana bantuan untuk melakukan pilot project research. Dana diperoleh dari GPSA, Arizona State University. |
KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL DALAM 5 TAHUN TERAKHIR | |||||
Tahun | Nama Kegiatan | Penyelenggara | Sumber Dana | Capaian | Keterangan |
2019 | American Spaces Indonesia Annual Workshop, di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta | Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia | Pemerintah Amerika Serikat | (i) Sharing hasil workshop di Vienna, (ii) Presentasi tentang pembaharuan visi dan tagline American Corner ITB hasil dari workshop di Vienna | Hadir sebagai perwakilan dari American Corner ITB |
2019 | American Spaces Workshop, di Amerika Haus, Vienna, Austria | US Department of State | Pemerintah Amerika Serikat | Pitching program kolaborasi dua negara, Indonesia dan Malaysia, khususnya American Corner ITB dan American Corner Universiti Sabah, dengan Program “Binational Batik Competition” | Hadir sebagai perwakilan dari American Corner ITB |
2018 | American Spaces Indonesia Annual Workshop, di Universitas Muhammadiyah Malang | Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia | Pemerintah Amerika Serikat | Pitching program:“Building a Sustainable Society Series” Pitching ini berhasil dan seri sustainable society mulai diluncurkan di American Corner ITB tahun 2019 | Hadir sebagai perwakilan dari American Corner ITB |
2017 | American Spaces Indonesia Annual Workshop, di Institut Teknologi Bandung | KedutaanBesar Amerika Serikat di Indonesia | Pemerintah Amerika Serikat | Sharing best practice yang dilakukan American Corner ITB yaitu program“Women Empowerment Series” | Hadir sebagai perwakilan dari American Corner ITB |
2016 | American Spaces Indonesia Annual Workshop, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | KedutaanBesar Amerika Serikat di Indonesia | Pemerintah Amerika Serikat | Pitching program: “WomenEmpowerment Series” Pitching ini berhasil dan kegiatan tersebut diluncurkan di American Corner ITB tahun 2017. | Hadir sebagai perwakilan dari American Corner ITB |