KEGIATAN P3MI (PENELITIAN) KK-ILMU KEMANUSIAAN FSRD ITB: “Pendidikan Etika Komunikasi Sebagai Alternatif Resolusi Konflik Etnoreligi Pada Media Massa Berbasis Internet”

 Pendidikan Etika Komunikasi Sebagai Alternatif Resolusi Konflik Etnoreligi Pada Media Massa Berbasis Internet

 

Ketua               : Qoriah Siregar

Anggota           : Asep Z. Ausop, Harry Nuriman, Asep W. Jatnika, Yedi Purwanto

Deskripsi         :

 

  • Latar Belakang : Kemunculan media massa berbasis internet merupakan kemajuan teknologi elektronik yang bergerak di dunia maya. Segala macam berita dapat dimuat ke dalam media massa tersebut. Sayangnya, informasi yang dibutuhkan sering tidak akurat bahkan banyak mengandung kebohongan atau hoax. Apabila berita bohong atau hoax tidak segera diklarifikasi, berpotensi melahirkan konflik.
  • Metode : Berrtujuan supaya masyarakat pengguna media masa berbasis internet terhindar dari hoax maka perlu ada model sebagai resolusi mitigasi konflik. Model yang ditawarkan oleh peneliti adalah model Pendidikan Etika Berkomunikasi. Penelitian ini berada pada kerangka keilmuan teknokultur. Teknokultur berada di antara dua lingkaran keilmuan, yakni teknologi di satu sisi, dan kultur di sisi yang lain. Di tengahnya ada irisan berupa religiusitas values (nilai agama, kepercayaan, spiritualitas kemanusiaan, dan nilai keadaban budaya).
  • Hasil   : Penelitian ini ini menawarkan model pendidikan etika berkomunikasi via media massa berbasis internet sebagai alternatif resolusi konflik khususnya dalam ranah etnoreligi. Etika yang dilandasi oleh tuntunan Alquran dan hadis.

You may also like...