KEGIATAN P3MI (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT): “Sosialisasi Pranata Mangsa Nusantara”

LAPORAN AKHIR

 

Program Penelitian, Pengabdian kepada

Masyarakat, dan Inovasi (P3MI)

Kelompok Keahlian ITB

2019

 

 

Sosialisasi Pranata Mangsa Nusantara

 

Ketua KK            : Prof. Dr. Ir. Dicky R. Munaf, M.SCE.

Ketua Peneliti     : Prof. Dr. Ir. Dicky R. Munaf, M.SCE.

Anggota              : Sutiadi Rahmansyah, S.S.,M.Hum

Drs. I Wayan Kemara Giri.,M.Si.,CPFF

 

 

LAPORAN AKHIR SOSIALISASI PRANATA MANGSA NUSANTARA

 

  1. Pendahuluan

Terkait Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (P3MI) mengenai Sosialisasi Pranata Mangsa, maka penting kiranya diadakan Seminar Nasional sebagai bagian dari sosialisasi terhadap masyarakat. Seminar Nasional ini ditujukan untuk menggali informasi sekaligus mensosialisasikan kembali konsep pranata mangsa nusantara dan kearifan lokal. Seiring dengan perkembangan zaman dan revolusi industry 4.0 yang mengarah pada modernisasi digital – yang artinya, semakin berkembangnya kehidupan urban yang kian menjauh dari kecenderungan masyarakat perdesaan -, konsep pranata mangsa menjadi hal yang terlupakan. Pranata mangsa merupakan bagian dari kearifal lokal (local wisdom) yang diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain. Kearifan lokal dianggap sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal tertentu melalui kumpulan pengalaman dan diintegrasikan dengan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam suatu tempat. Pranata mangsa dan kearifan lokal ini sering kali terlupakan karena kehidupan modern sudah semakin maju dan berkembang. Untuk itu melalui seminar nasional ini, kami berusaha untuk menghidupkan kembali konsep pranata mangsa dan kearifan lokal yang selama ini terlupakan kepada publik.

Penelitian P3MI sebelumnya yang telah tim lakukan berkaitan dengan inovasi mengenai pranata mangsa nusantara telah menghasilkan aplikasi berupa kalender pranata mangsa nusantara yang di dalamnya menyajikan bentuk kalender pranata mangsa agama Hindu Bali dan Islam. Bentuk aplikasi ini telah mendapatkan hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia teregister dengan nomor EC00201851568. Langkah selanjutnya ialah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan target khusus akademisi dan siswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di sekitar Jawa Barat dan masyarakat Jawa Barat. Melalui seminar nasional sosialisasi dan revitalisasi pranata mangsa nusantara dan kearifan lokal di era 4.0 diharapkan akan menambah wawasan dan menambah kepedulian masyarakat untuk tetap berperan dan berpartisipasi menjaga Budaya dan Warisan nusantara.

  1. Metodologi

Untuk mendapatkan mensosialisasikan pranata mangsa nusantara maka tim mengikuti seminar internasional dengan tujuan memperkenalkan pranata mangsa nusantara dalam ruang lingkup internasional. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan dengan mengadakan seminar nasional dengan mengundang sejumlah budayawan, akademisi, serta praktisi yang masih terhubung denga  kearifan lokal dan pelestarian budaya.

  1. Target Luaran

Setelah melakukan tahapan-tahapan penelitian di atas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan keluaran (output) berupa:

  1. Seminar nasional
  2. Artikel ilmiah dalam Proceeding
  1. Hasil Laporan Kegiatan

Hasil sosialiasi kegiatan sosialisasi pranata mangsa nusantara telah selesai dilakukan dan akan dikemukakan di bawah ini:

  1. Sosialisasi tentang Pranata Mangsa Nusantara telah diseminarkan di konferensi internasional aprish (The Asia-Pacific Research in Social Sciences and Humanities 2019) yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Bertempat di Jakarta, di Hotel JS.Luwansa tanggal 13-15 Agustus 2019. Judul dari artikel yang dipresentasikan ialah: “THE VALIDITY OF THE SUNDANESE TRADITIONAL SEASON CALENDAR (PRANATA MANGSA) IN THE INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0 THROUGH THE ANALYSIS OF ONLINE MASS MEDIA HEADLINES”. Paper ini dimasukan ke dalam proceeding dan saat ini masih diproses oleh panitia penyelenggara.

      Adapun yang menjadi penulis dan peserta ialah:

  1. Prof. Dr. Ir. Dicky R. Munaf, M.S.,MSCE (Presenter)
  2. Sutiadi Rahmansyah., S.S.,M.Hum (Presenter)
  3. Drs. I Wayan Kemara Giri.,M.Si.,CPFF
  4. Sosialisasi tentang Pranata Mangsa Nusantara telah dilaksanakan dalam bentuk penyelenggaraan seminar nasional. Penyelenggaran seminar ini dilakukan di AULA TIMUR, ITB, Rabu 28 Agustus 2019, Pukul 08.00 -13.00 WIB. Seminar nasional ini bertema: SOSIALISASI DAN REVITALISASI PRANATA MANGSA NUSANTARA DAN KEARIFAN LOKAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Dengan mengundang narasumber yaitu:
  5. Dr.Undang A.Darsa., M.Hum
  6. Pandu Radea
  7. Ki Warja (Kuncen Kampung Adat Kuta, Ciamis)
  8. Drs. I Wayan Kemara Giri.,M.Si.,CPFF (Moderator)

Bersamaan dengan ini, dilampirkan beberapa foto-foto, sertifikat dan kegiatan yang telah dilakukan.

 

You may also like...