KEGIATAN P3MI (INOVASI) KK ILMU KEMANUSIAAN FSRD-ITB ” Inovasi Teknologi Digital Kultur Berbasis Web Sebagai Aplikasi Penyelenggaraan Festival Budaya”

FESTIVAL VOKAL GRUP FOLKLOR INDONESIA 2019 TINGKAT SMA/SMK Se- JAWA BARAT

Kamis 14 November 2019 bertempat di Aula TImur ITB  Kelompok Keahlian Ilmu – Ilmu Kemanusiaan menyelenggarakan Kegiatan Festival yang bertajuk “FESTIVAL VOKAL GRUP FOLKLOR INDONESIA 2019 TINGKAT SMA/SMK Se- JAWA BARAT” Kegiatan ini  dalam rangka Sosialisasi hasil Kegiatan salah satu tim Inovasi KK- Ilmu Kemanusiaan FSRD ITB yang berjudul ” Inovasi Teknologi Digital Kultur Berbasis Web Sebagai Aplikasi Penyelenggaraan Festival Budaya”. Festival tahun ini dihadiri oleh Erwin Gutawa dan Gita Gutawa sebagai dewan juri festival.

Laporan Ketua Pelaksana pada

 

Selamat datang di acara Grand Final Festival Vokal Grup Folklor Indonesia 2019 untuk Tingkat SMA/SMK Se-Jawa Barat. Kegiatan ini adalah Festival kedua, dan merupakan rangkaian akhir dari Program Riset P3MI ITB 2019 dengan tema “Inovasi Teknologi Digital Kultur Berbasis Web sebagai Aplikasi Penyelenggaraan Festival Budaya”.

Kami tim Inovasi KK Ilmu Kemanusiaan FSRD ITB, ingin menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan riset ini adalah berupaya menjadi bagian mencapai amanah yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah no. 65 tahun 2013 tentang statuta ITB, khususnya pasal 2 ayat 2 tentang Misi ITB mengembangkan Ilmu Pengetahuan Sains, Teknologi, Seni dan Humaniora, yang juga selaras dengan amanah Renip ITB 2006 – 2025, bahwa ITB adalah sebagai Pusat Pengembangan Budaya Bangsa.

Inovasi yang dikembangakan dalam riset ini adalah aplikasi Digital Kultur, yakni platform teknologi penyelenggaraan festival musik dan budaya berbasis digital. Invensi ini merupakan tindak lanjut dari inovasi tahun 2018 yang telah dilakukan dalam bentuk prototipe, dan telah mendapatkan hak cipta dari Ditjen HAKI Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor 000117776

Kegiatan Festival Vokal Grup Folklor Indonesia 2019 ini merupakan kegiatan penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Riset Inovasi P3MI ITB 2019. Peserta kegiatan festival vokal grup ini kami undang dari beberapa SMA/SMK Se Jawa Barat, dan melakukan seleksi keikutsertaan dengan menggunakan aplikasi DIGITAL KULTUR secara online.

Untuk tahun ini, jumlah peserta yang terdaftar di aplikasi itu mencapai 25 Peserta, yang kemudian diseleksi oleh secara online, sehingga hari ini yang akan tampil adalah 7 finalis, yang terdiri dari SMA Negeri 5 Bandung, SMA Negeri 10 Bandung, SMA Negeri 12 Bandung, SMA Negeri 1 Lembang, SMK Negeri 3 Cimahi, SMA Negeri 1 Katapang, dan SMA Negeri 1 Baleendah.

Festival ini menjadi indikator capaian keluaran (output) riset inovasi P3MI yang telah dilakukan, yakni produk inovasi dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (Technology Readiness Level) mencapai Level 8. Hal ini bermakna bahwa Digital Kultur sebagai aplikasi penyelenggaraan festival seni dan budaya telah siap untuk digunakan secara luas dan dapat dimanfaatkan ke depannya oleh industri kreatif, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Saya ucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada ITB, yang telah memberikan kesempatan dalam kegiatan riset P3MI 2019; Kepada Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB; Kepada keluarga besar KK Ilmu Kemanusiaan; Kepada TIM Ahli Inovasi Digital Kultur;

Kepada Dewan Juri, sebuah kehormatan bagi kami pada festival kali ini, telah hadir bersama kita Bapak Erwin Gutawa (diminta berdiri), kemudian Mba Gita Gutawa, yang sebagaimana kita ketahui bahwa beliau berdua ini adalah pakar dalam dunia musik, dan dewan juri berikutnya Bapak Dr. Hery Supriarza, beliau adalah pakar dalam musik keroncong dan folklor;

Terima kasih pula saya sampaikan kepada Panitia Penyelenggara Kegiatan Festival Vokal Grup Folklor 2019 ini, serta kepada seluruh pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Akhir kata, Saya ucapkan selamat berkompetisi kepada para Finalis Festival Vokal Grup Folklor 2019!

Wabilahi taufik wal Hidayah

Wassalamualaikum WR WB

 

 

 

 

 

You may also like...