Moodle

Moodle adalah software Learning Management System (LMS) yang digunakan di Institut Teknologi Bandung . Fungsi LMS pada kuliah ITB ini mencakup fungsi menyediakan wadah/media pembelajaran bagi siswa meliputi kemampuan untuk menguploadkan bahan bacaan , menyelenggarakan evaluasi / asesmen siswa, serta interaksi yang bisa secara intensif dilakukan online. Secara umum LMS menyediakan kelas virtual atau kelas online yang bisa digunakan untuk belajar bagi mahasiswa serta membuat penelusuran pembelajaran siswa.

Mahasiswa dapat mengakses pada LMS moodle untuk membuka modul materi , mengikuti kuis online , menguploadkan tugas / PR , serta bertanya kepada dosen berkaitan dengan materi perkuliahan yang diikutinya. Untuk bisa mengakses pada modul materi tersebut , siswa harus memiliki login akses terlebih dahulu . Setelah login berhasil , siswa dapat enrol pada topik/ mata kuliah yang diikutinya.

Dosen dapat mengakses pada LMS Moodle untuk membuat kelas online yang bisa digunakan untuk menguploadkan modul materi , membuat asesmen/evaluasi belajar online , atau membuat wadah interaksi supaya mahasiswa dapat bertanya atau berdiskusi mengenai materi pelajaran yang diikutinya. Untuk dapat membuat dan menggunakan virtual course tersebut dosen dapat mengirimkan permintaan untuk meningkatkan privilege menjadi user dosen.

Moodle memiliki fitur-fitur lanjut untuk menyiapkan kelas virtual meliputi:

  1. Kuesioner , bisa untuk membuat survey, memungkinkan pengajar membuat pertanyaan untuk mendapatkan umpan balik dari siswa . Kuesioner banyak digunakan untuk memperoleh data dari siswa.
  2. Kuis Online , mendukung lebih dari 8 tipe soal online yang bisa digunakan untuk evaluasi , tutorial, latihan lengkap dengan pemeriksaan otomatis
  3. Glossary, penjelasan istilah , definisi, dapat ditampilkan dalam fitur glossary.
  4. Forum , bentuk interaksi online untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran dapat dibuat memanfaatkan modul forum
  5. Lessons , modul lesson memungkinkan pengajar untuk membuat skenario pembelajaran , dan membuat pembelajaran semakin personal , memungkinkan siswa diberikan pemahaman sesuai dengan tingkat pembelajaran masing-masing siswa.
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com